Thursday 18 April 2013

JKT48 Theater, Anyone?

Day 4 #NgeBlogSukaSuka - "JKT48 Theater, Anyone?"

Halo semuanya! Kali ini gue mau cerita tentang pengalaman gue bersama JKT48 Theater alias pengalaman Theateran! Langsung aja kita mulai ya...

Indonesia' most sophisticated show! (Cr: JKT48's Official Site)

Gue pertama ke Theater tanggal 5 Januari 2013. Niatnya mau liat Team J dengan setlist barunya, Renai Kinshi Jourei. Apa daya WL tak sampai... Seperti yang udah diceritain di post sebelumnya, kami malah karaokean lagu-lagu AKB48. Ada yang nge-chant, ada yang nyanyi. Kesian banget ya gagal Theateran terus Theaternya pindah ke karaoke haha. Oh ya, karena itu pertama kalinya gue ke Theater, gue takjub aja gitu hahaha, keren. Suka lampunya sama deretan fotonya...

Foto member Team J. Sadar ga ada yang urutannya ketuker?

My really first Theater itu tanggal 15 Januari 2013. Kali ini gue nonton berdua sama Vince. Seperti biasa, tiap masuk fX, karena sebelum kenal JKT48 gue belom pernah masuk fX, gue selalu check-in di Foursquare hahaha. Tenang, kan pake paket Internet Unlimited bulanan dari IM3. Sinyalnya juga ok bangets, jadi di manapun kita berada, bisa internetan dengan murah dan mudah! Lagian kalo pulsa gue abis, gue tinggal SMS "Mamah, minta pulsa!" (ke ibu gue pastinya) haha. Walau beda operator, ga perlu bimbang karena sekarang ada IM3 Suka-Suka yang ngasih SMS gratis seharian ke semua operator! Pas sampe depan Theater, gue check-in lagi haha.

Kali ini gue nonton Trainee dengan setlist Pajama Drive. Waktu itu, RKJ kami rencanain untuk ditonton bareng Wildan juga, jadi kami nonton Pajadora dulu sekarang, buat pemanasan sekalian kenalan sama dedek-dedek. Kebetulan, gue juga lebih kenal lagu di setlist Pajadora (bahkan RKJ cuma tau Oogoe Diamond hehe). Berhubung gue bener-bener blank sama member yang perform (belom kenal nama-nama Trainee), gue fokus ke detil perform mereka. Masih banyak kurang di sana-sini. Tapi cukup fun, apalagi gue bisa latihan Chant MIX saat itu.

Ini waktu masih newbie banget di Theater.

Akhirnya kesempatan gue untuk liat Team J perform kesampaian juga. Aplikasi gue diterima, tapi bukan untuk RKJ, melainkan Charity Event. Waktu itu jamannya Jakarta kebanjiran. Kebetulan gue dapet untuk sesi Trainee dan Team J. Mungkin karena status gue sekarang juga udah jadi OFC Member hehe. Event ini diadakan tanggal 29 Januari 2013.

Sesi pertama diisi oleh Trainee. Masih belum memuaskan, apalagi untuk beberapa lagu beberapa member terlihat bener-bener nggak semangat. Sesi kedua diisi oleh Team J, dan wow! Gue sangat terpana dengan penampilan mereka. Pokoknya penampilan mereka udah keren banget dan tiap membernya punya karakter yang kuat. Beruntungnya lagi, mereka waktu itu bawain lagu-lagu yang biasa ditampilin di TV, seperti Maafkan, Summer dan Karena Kusuka Dirimu, jadi gue udah kenal. Lagu yang baru buat gue saat itu mungkin JKT Sanjou! yang koreonya keren abis! Tadinya gue ga tau lagu apa itu, terus gue nanya temen gue. Ternyata itu lagu encore di RKJ. Wah, makin pengen aja gue nonton RKJ! Oh ya, pada kesempatan ini, gue seneng karena juga bisa mendengar kemampuan bernyanyi live mereka. Mereka membawakan lagu Lilin-Lilin Kecil. Suara mereka bagus! Oh ya, ini juga pertama kali gue ketemu langsung sama Oshi *ihik* hehe.

Bulan Februari. Perkuliahan mulai berjalan dan kami menepati janji kami untuk Theater bersama! Selain gue, Wildan, dan Vince, hadir juga Adam dan Cakra. Mereka teman sefakultas gue. Meskipun nggak semua dapet tiket, kami semua berhasil masuk untuk show tanggal 11 Februari 2013. Kami memilih untuk berdiri di bagian belakang. Sebenarnya sih alasannya karena tempat duduk penuh dan dua orang dari kami harus WL. Namun saya berdalih, "biar lebih seru dan puas ngechantnya!" hahaha.

Setlist pun berlangsung. Gue kurang enjoy sama lagu-lagunya karena belum terbiasa (tapi setelah itu gue selalu dengerin lagu-lagu RKJ versi AKB48 dan jatuh cinta juga). Tapi gue dapet tiga pelajaran dari kunjungan kali ini. Pertama, spot berdiri di belakang itu sangat enak kalo ramean! Ya, dalih gue ternyata terbukti benar. Ngechant jadi seru dan ekspresif banget. Kedua, kalau bingung mau liat siapa pas perform, atau pas posisi oshi-nya jauh, cukup liat ke arah Shania Junianatha atau Beby Chaesara. Mereka berdua permata di JKT48. Gerakan sama ekspresi mereka bener-bener TOP. Tanpa perlu jadi Oshi, mereka udah bisa mencuri perhatian. Ketiga, Haruka lucu banget kalo nge-MC! Tiap MC ada Haruka pasti seru deh, ada yang kena troll, atau malah dia yang kena troll haha. Selain Haruka, member-member yang jago MC menurut gue itu Jeje (she has her own style, really, senga nyolot tapi hidup banget) dan Rena (makin ke sini, Rena makin jago nge-troll, udah gitu suara dan logat dia kocak).

Wildan, Adam, Vince, dan gue. Pasukan Fasilkom UI!
Cakra lagi motoin hehe. Padahal dia coder yang paling dewa...

Yaa itulah kisah-kisah gue dengan Theater "pertama" gue. Sampe sekarang, untuk jadwal Theater rutin, gue udah nonton lima kali: tiga RKJ dan dua Pajadora. Dan hokinya, setiap gue nonton ada perayaan ulang tahun (kecuali 1st Pajadora)! Gue sempet ikut ngerayain ultah Haruka, Frieska, Beby (Team J), dan Ikha (Trainee) di Theater.

Gue punya beberapa saran nih buat di Theater. Pertama, jangan malu buat ngechant! Ngechant itu bisa bikin penonton dan performer tambah semangat. Serius deh. Atmosfir di Theater bakal jadi lebih terasa. Yaa, kecuali kalo kalian dateng ke sana untuk bener-bener mengamati detail koreo dan vokal para member. Kedua, ngechantlah dengan benar! Gue, dan gue yakin banyak penonton lain, merasa terganggu kalo ada penonton random yang chantnya dicepetin atau dilambatin dari waktu yang seharusnya. Bikin nggak rapih. Ketiga, jangan bertindak over! Jangan teriakin nama Oshi kalian di tengah lagu tanpa ada hujan badai dan jangan juga teriak-teriak terlalu keras pada saat MC. Dan yang terakhir, ajak teman-teman kalian buat ke Theater bersama! Theateran itu lebih asik kalo kalian bawa banyak teman! Apalagi pas ngechant, wah dijamin rame deh. Nah, berhubung sekarang udah ada IM3 Suka-Suka yang ngasih SMS gratis seharian ke operator manapun, nggak ada alesan lagi dong buat nggak ngingetin temen-temen tentang jadwal apply tiket Theater? Hehe.

Belajar Chant MIX yang benar ya!

Sebagai penutup, gue cuma mau bilang, JKT48 Theater ini bener-bener alternatif hiburan yang baru dan seru dengan harga yang cukup terjangkau. Berhubung gue ga pernah nonton konser, buat gue nonton Theater udah kaya nonton konser; seru banget. Gue bisa memilih untuk Chant MIX atau sing along. Dan nggak lupa, gue salut sama kerja keras dari semua member! Mereka patut diacungi pistol, yang kalo ditembakin keluar bunga gitu hahaha.

Sudah bisa lebih pede karena nggak newbie-newbie amat.

PS: Gue sangat menyesal belum pernah nonton Pajadora dari Team J (saat mereka masih Trainee) huhuhu. Pengen lihat Sendy di Tenshi no Shippo...

 "Cinta bagaikan ekor malaikat yang nakal~"

Post selanjutnya akan membahas mengenai hal-hal favorit gue terkait JKT48! Dari lagu, member, hingga hal-hal lainnya! So, stay tune!
___________________

No comments:

Post a Comment

愛 am Topik